Prosesi Adat Lamaran Warnai Pendaftaran Golkar di KPU

BELOPA---Pendaftaran Partai Golkar di KPU Luwu atau penyerahan copyan berkas kepengurusan berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi tontonan menarik warga Belopa, senin, (16/10) siang kemarin.

Dengan berjakan kaki dari Rumah Aspirasi Partai Golkar sejauh 350 meter ke KPU Luwu, rombongan Partai Golkar sekira 375 orang kental dengan suasana adat.

Prosesi lamaran adat Tana Luwu warnai pendaftaran Golkat di KPU Luwu. Ada satu orang yang dipayungi dengan membawa kampu atau kotak yang biasanya berisi mahar, ada pula beberapa ibu-ibu atau gadis remaja berpakaian baju bodo warna kuning membawa bosara atau dalam adat lamaran disebut erang-erang.

Bukan hanya itu, rombongan Partai Golkar juga dikawal dan diiringi puluhan penari yang memperagakan Tari Pangaru dan Tarian Jagalili. Rombongan Partai Golkar dipimpin Ketua Golkar Luwu, Patahuddin yang juga bakal calon Bupati Luwu.

Ikut pula dalam rombongan enam politisi Partai Golkar yang duduk di DPRD Luwu yakni, Ketua DPRD Luwu, Andi Abdul Muharrir, Kurnia, Yasman Miming, Sul Arrahman, Muchlis Kararo dan Yamin Annas.

Turun pula dalam rombongan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perwakilan kelompok tani, kelompok nelayan, pedagang, tokoh pemuda dan perempuan yang tergabung dalam AMPG, Kosgoro, Soksi MKGR, AMPI, Alhidayah, MDI, HWK, dan KPPG.

Jumlah copyan Kartu Tanda Anggota atau KTA dan KTP pengurus Partai Golkar di Luwu yang diserahkan Patahuddin masing-masing sebanyak 1.074 buah. Menurut Ketua KPU Luwu, Abdul Thayyib, jumlah ini sudah benas dan pas dengan jumlah pengurus yang terkam dan terdaftar di data dalam Sistem Informasi Politik (Sipol).

"Partai Golkar tidak ada masalah, jumlah KTA yang diserahkan sama dengan jumlah KTP sebanyak 1.074, jumlah ini sesuai data di Sipol, jadi berkasnya kami terima," kata Thayyib.

Data yang dihimpun Kliknews.id, hingga sore kemarin, selain Partai Golkar, sejumlah partai besar lainnya juga menyerahkan copyan berkas pengurus partai masing-masing ke KPU.

Thayyib menambahkan, secara nasional, 16 oktober adalah batas terakhir penyerahan berkas pengurus partai ke KPU di seluruh daerah di Indonesia. "Terakhir hari ini, (kemarin.red) dan kami tutup pukul 24.00 nanti," ujarya.

Sejumlah partai yang mendarangi KPU kemarin dan menyerahkan berkas kepengurusan partai yakni, PSI, Hanura, Golkar, Garuda, PKPI, Demokrat, PAN
PPP, Nasdem dan PDI Perjuangan.

Sebelumnya, KPU Luwu mengembalikan berkas sejumlah partai yang dianggap tidak sesuai dengan data yang diserahkan dengan data di Sipol. Diantaranya berkas Partai Nasdem, Partai PSI dan PKPI.(che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment