Lantik Kades Bastim, Bupati Luwu Titip Lima Pesan

BELOPA---Pelantikan Kepala Desa Bassiang Timur (Bastem) telah dilaksankan dan berjalan lancar, selasa, (24/10) siang tadi. Dalam pelantikan ini, Bupati Luwu, H Andi Mudzakkar, menyampaikan lima pesan kepada kepala desa terpilih, Sukirman.

Lima pesan tersebut pertama, Bupati Luwu berpesan agar kepala desa menjaga mulutnya. "Mulutnya kepala desa satu strep dibawah undang-undang, olehnya ucapan kepala desa harus dibatasai," katanya.

Dijelaskan bahwa ucapan seorang kepala desa berbeda dengan masyarakat biasa di wilayah tersebut. Apa yang keluar dari mulut kepala desa akan didengar dan menjadi rujukan masyarakat termasuk dalam bertingkag laku.

"Olehnya itu kepala desa tidak boleh banyak bicara apalagu bicara sembarang, dan bertingkah laku diluar kewajaran," ujarnya. Kedua pesan Bupati Luwu, pemimpin jangan pernah menganggap dirinya mampu menyelesaikan seluruh permasalahan masyarakat.

"Tidak ada pemimpin yang bisa memberikan kepuasan kepada seluruh masyarakat, semakin tinggi peradaban manusia maka semakin banyak masalah yang timbul di tengah masyarakat, Jadi jangan pernag berpikir setelah diangkat dan dilantuk jadi kepala desa akan mampu menyelesaikan seluruh permasalah masyarakat," ujarnya.

Olehnya itu, dirinya pesan ketiga Andi Cakka sapaan akrab Bupati Luwu adalah, kepala desa diminta untuk merangkul kembali seluruh masyarakat. "Tidak ada lagu tim sukses, rangkul seluruh masyarakat, jangan ada sekat-sekat," katanta.

Pesan Andi Cakka tang kempat adalah, kepala desa serelag dikantik harus rajin membaca, melihat dan mendengar. Dijelaskan rajin membaca yakni, membaca aturan dan perundang-undangan tentang desa dan pengelolaan anggaran desa.

Rajin mendengar informasi dari masyarakat dan
Membaca aturan, mendenfar informasi masyarakat, melihat apa tang menjadi krbutuyan masyarakat dan rajin melihat kondisi masyarakat di lapangan bukan hanya tinggal di kantor desa dan rumahnya.

Serta pesan terakhirnya adalah, kepala desa diminta untuk meninggalkan kebiasan lama, bermalas-malasan di rumah. "Kepala desa harus lebih banyak waktudengan dengan masyarakat ketimbang dengan keluarga, harus banyak berinteraksi dengan masyarakatnya, itu akan menjalin hubungan yang baik antara pemerinrah dan masyarakat," ujarnya.(Che)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment