Wabup Larut Bersama Warga Pada Acara Pesta Padungku

MALILI---Ratusan warga di Desa Maleku Kecamatan Mangkutana tumpah ruah di lapangan, Rabu (30/11) malam tadi.

Warga desa setempat merayakan tradisi dero yang dipusatkan di Lapangan Pakatan sebagaimana dilakukan setiap tahunnya usai melaksanakan pesta panen di Padungku.

Yang istimewa bagi warga setempat karena acara adat ini dihadiri  Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.

Orang nomor dua di Kabupaten Luwu Timur ini dalam sambutannya berharap agar perayaan pesta padungku ini terus dirayakan.

"Karena ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan seni budaya masyarakat," ungkapnya.

Menurut Irwan, pesta panen di Padungku merupakan pesta panen masyarakat sebagai wujud rasa syukur para petani kepada sang pencipta karena panen hasil bumi dalam setahun melimpah.

Diakhir sambutannya, beliau menitipkan pesan kepada warga setempat untuk tetap mawas diri dari bahaya narkoba, serta tetap menjaga kedamaian agar daerah ini tetap dalam keadaan kondusif.

Kepala Desa Maleku, Abdin mengatakan pesta panen di Padungku merupakan tradisi yang telah dilakukan  secara turun temurun oleh para leluhur masyarakat Pasitabe.

Usai acara sambutan Wakil Bupati yang didampingi Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin B dan sejumlah camat serta tokoh adat turut larut dalam suasana gembira bersama warga setempat  melaksanakan tarian bersama atau yang lebih dikenal dengan nama  "dero", dimana tradisi tersebut merupakan puncak acara pasca perayaaan padungku.(ophy/che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment