Wabup Irwan Berencana Manfaatkan Limbah Slag PT Vale Indonesia

MALILI---Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam didampingi sejumlah Kepala SKPD dan Camat Nuha, Masdin mengunjungi perusahaan tambang nikkel PT Vale Indonesia. 

Kunjungan industri kali ini difokuskan pada lokasi pembuangan limbah Slag Dam di PT Vale, Kamis (01/12) sore kemarin.

Dani selaku  senior Manejer Proses Plant PT Vale Indonesia menyambut kedatangan Wakil Bupati dan rombongan dan kemudian langsung membawa rombongan ke area lokasi pembuangan limbah slag tersebut.

Tempat ini sengaja ditinjau karena ada rencana limbah PT Vale tersebut akan di kelola salah satu BUMD lutim.

Dani mengatakan bahwa limbah Slag yang menggunung tersebut masih mengandung unsur besi sekitar 40 sampai 50 persen. Sementara unsur Nikkel-nya juga masih ada tapi sudah tipis.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lutim, mengatakan potensi limbah Slag tersebut cukup menjanjikan. Makanya pemerintah daerah berencana akan mengelola limbah tersebut lewat BUMD.

"Untuk Oprasionalnya akan menggandeng pihak ketiga" katanya. Lanjut Irwan, pemanfaatan limbah atau Slag tersebut bisa diolah menjadi bahan baku bernilai ekonomis yang bisa membuka lapangan kerja baru, dan tentu saja menambah sumber pendapatan bagi daerah.

"Ini masih kita pelajari, bagaimana teknis operasionalnya, yang jelas kita apresiasi, pihak Vale sudah membuka diri " kuncinya (yd/hms/che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment