Tambang Galian C di Cimpu, Perparah Abrasi?

                                   Foto : Ilustrasi

BELOPA---Abrasi sungai di desa Cimpu Utara, Kabupaten Luwu, diduga diperparah dengan adanya aktifitas tambang galian C di desa tersebut. Tambang yang dikelola salah seorang warga tersebut, mengambil pasir dari dasar sungai serta mengikis bantaran sungai.

Salah seorang warga menuturkan, tambang galian C tersebut, suddah cukup lama beroperasi. Parahnya, tambang yang setiap hari mengambil puluhan kubit pasir itu, dituding mengabaikan dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

"Dampak langsungnya pasti pada lingkungan, belum lagi bantaran sungai yang terus digerus," kata salah seorang warga yang meminta namanya tidak disebutkan.

Harusnya kata sumber tadi, pemerintah setempat peduki dengan kondisi warga yang bermukim di bantaran sungau, apalagi saat ini, sudah banyak warga yang jadi korban akibat abrasi sungai.

Sebelumnya, ratusan warga dusun Mattirowali, Desa Cimpu Utara, melakukan aksi unjukrasa di kantor DPRD Luwu, mereka mendesak pemerintah segera membuat tanggul atau beronjong penahan arus sungai, agar tidak merusak rumah warga.(wd)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment