Pemkab Luwu Perketat Kunjungan WNA

BELOPA---Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, mulai memperketat pengawasan kunjungan Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke wilayah ini.

Kepala Kesbangpol Luwu, Alim Bachry, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Imigrasi Kota Palopo, dan Kodim 1403 Sawerigading, guna mengantisipasi adanya WNA yang menyalahgunakaan visa kunjungan mereka.

“Ada laporan bahwa ada beberapa orang WNA yang menyalahgunakan visa kunjungan wisatanya, ada yang mengajar di lembaga kursus bahasa inggris,” kata Alim Bahri, kamis (1/12) pagi tadi.

Dia mengatakan, Imigrasi, Kodim 1403 dan BINDA, sedang melakukan pendalaman di Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu. Di daerah tersebut, disebutkan ada tiga WNA dari USA yang diduga menyalahgunakan visa kunjungannya.

“Informasinya tiga WNA ini mengajar, tapi masih kita dalami, sejauh mana kebenarannya,” ujarnya.

Sementara informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, menyebutkan, tiga WNA asal USA, mengajar di lembaga kursus bahasa inggris, namun saat pihak Imigrasi mendatangi lokasi kursus tersebut, ketiga WNA tersebut sudah meninggalkan Belopa, menuju Kabupate Toraja.

Yusran, perwakilan Imigrasi Kota Palopo, mengatakan, WNA tidak dilarang berkunjung ke Indonesia, namun mereka tidak diperbolehkan melakukan kegiatan diluar dari izin kunjungan mereka.

“Misalnya visa kunjungannya wisata, ya hanya boleh melakukan wisata, tidak boleh melakukan kegiatan diluar dari itu,” kata Yusran, saat berkoordinasi dengan Kesbangpol Luwu.(wd/che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment