Begini Cara Warga Sampeang, Jaga Keutuhan NKRI

BELOPA---Warga Desa Sampeang, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, ternyata punya cara untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mereka berkumpul di lapangan sepak bola di desa tersebut, lalu beradu keahlian memainkan Gasing, permainan tradisional yang sudah banyak ditinggalkan.

Sultan DS, Kepala Desa Sampeang, Kecamatan Bajo Barat, mengatakan, bermain Gasing, merupakan kebiasaan warga Luwu yang sudah jarang dimainkan, padahal permainan Gasing, dahulu merupakan permainan tradisional yang dapat menyatukan warga dari berbagai daerah.

“Nah permainan ini kembali kita hidupkan, selama dua pekan kedepan, kita perlombakan,” kata Sultan DS, rabu, (30/11) kemarin.

Melalui permainan Gasing ini kata Sultan, anak-anak muda di desa tersebut, diharapkan dapat menjaga silaturahim dan tidak mudah terpengaruh isu-isu yang mengarah ketindakan radikalisme yang tentunya dapat merusak generasi muda.

“Kalau di daerah lain dilakukan apel nusantara, kami juga punya cara lain untuk menunjukkan bahwa kami juga cinta NKRI,” ujarnya.

Camat Bajo Barat, Irwan Idris, dalam sambutannya, mengatakan, permainan tradisional Gasing, harus tetap dijaga dan diperkenalkan pada generasi muda. Saat ini, sudah banyak permainan moderen yang menggeser permainan-permainan tradisional nenek moyang.

“Anak-anak sekarang, pasti sudah banyak yang tidak mengenal gasing dari kayu, olehnya itu, perlombaan main gasing yang dilakukan Desa Sampeang ini, kita harap bisa ditiru desa-desa lainnnya,” kata Irwan Idris, kemarin.(wd/che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment