Palopo Bangun Rumah Gizi Smart Generation

Palopo Bangun Rumah Gizi Smart Generation
Plt Sekda Palopo saat sambutan pada peresmian rumag gizi. 
PALOPO, KLIKNEWS.ID -- Sebagai upaya mencegah adanya anak kurang gizi dan untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait gizi, Pemerintah Kota Palopo membangun Rumah Gizi Smart Generation.

Rumah gizi ini telah dilaunching Plt Sekretaris Daerah Kota Palopo H Jamaluddin Nuhung, mewakili Wali Kota Palopo H Muhammad Judas Amir, di Kampung Siguntu, Kelurahan Latuppa Kecamatan Mungkajang Kota Palopo, Senin 3 Oktober 2016.

Jamaluddin dalam sambutannya, menyampaikan harapannya agar keberadaan rumah gizi seperti itu ada pada setiap kelurahan di Kota Palopo. Sebab menurutnya, keberadaan rumah gizi dapat memberikan manfaat dalam mengentaskan kasus gizi kurang.

Dengan menyediakan layanan/konsultasi terkait masalah gizi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan gizi pada anak, maka diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Tetap jalin kerjasama yang baik dengan SKPD terkait. Saya berharap rumah gizi seperti ini ada pada setiap kelurahan di Kota Palopo. Kita mencegah dari awal, dengan itu yakinlah kita bisa menekan dan mengentaskan angka gizi kurang di Kota Palopo," tandas Jamaluddin Nuhung.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinkes Kota Palopo, Maryam, menyampaikan Rumah Gizi Smart Generation itu merupakan rumah gizi pertama di Indonesia yang menjadi wadah bagi masyarakat, terutama yang memiliki bayi/balita dengan permasalahan gizi, khususnya gizi kurang, untuk menuntaskan masalah mereka dengan kegiatan-kegiatan yang ada pada rumah gizi.

"Rumah gizi ini memberdayakan masyarakat, ditempatkan dirumah masyarakat demi mendekatkan pelayanan kepada mereka, terutama apabila wilayah mereka berada ditempat yang jauh dari akses pelayanan kesehatan," tambah Maryam.

Maryam melanjutkan, rumah gizi Smart Generation itu berhasil meraih peringkat ke-2 dalam lomba inovasi promotif prefentif spesifik daerah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan pada tanggal 25 Agustus 2016.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk keberlangsungan rumah gizi Smart Generation di masa yang akan datang," tandasnya.

Rumah gizi Smart Generation yang di Launching pada kesempatan itu sendiri akan beroperasi di 9 kecamatan pada 11 kelurahan di kota palopo, yakni Kelurahan Benteng, Pontap, Kelurahan Songka, Boting, Kelurahan Salobulo, Kelurahan Sendana, Kelurahan Latuppa/siguntu, Kambo, Rampoang dan Kkrlurahan Pentojangang serta Kelurahan Padang lambe.

Turut hadir pada kesempatan itu Kadis Kesehatan Kota Palopo H Ishaq Iskandar, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo dr Muhammad Ali, Camat Mungkajang David Escoda, dan para Kepala Puskesmas Kota Palopo serta Lurah dan masyarakat Siguntu/Latuppa. (msr/hms/adv)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment