Ternyata Setiap Hari Sekolah, Ratusan Pelajar Di Palopo Melanggar Lalu Lintas

Ternyata Setiap Hari Ratusan Pelajar Di Palopo Melanggar Lalu Lintas
PALOPO, KLIKNEWS.ID---Hampir dipastikan siswa pelajar SMP dan SMA di Palopo yang mengendarai sepeda motor ke sekolah melanggar lalu lintas. Hal ini dibuktikan dengan melihat usia rata-rata pelajar di Palopo masih dibawah umur.

Hal inilah yang mendasari sehingga Polres Palopo dalam waktu dekat akan memberlakukan pelarangan mengendarai motor ke sekolah bagi siswa pelajar SMP dan SMA yang belum cukup umur 18 tahun.

Larangan tersebut merujuk pada Undang- Undang 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan yang  menyebut syarat memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) minimal berumur 16 tahun.

"Aturannya jelas yang belum mengantongi atau miliki SIM tidak boleh membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat , pelajar yang duduk di bangku SMP sudah jelas tidak mengantongi izin mengemudi dimana umur mereka masih berkisar 13 hingga 16 tahun. " ujar Kanit Dikyasa Polres Palopo Iptu Tabita MB. Rabu, (15/06).

Selain itu langkah tersebut sangat efektif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas ditingkat pelajar. Berdasarkan data yang dihimpun kliknews,  ratusan pelajar di Palopo mengendarai sepeda motor ke sekolahnya. Hal ini dibuktikan dengan penuhnya lahan parkir kendaraan di setiap sekolah.

Untuk melaksanakan aturan ini, pihak Polres Palopo rencananya akan melakukan sosialisasi tahap pertama pada pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) bulan juli mendatang.

"Tentu ada sosialisasi awal yang dilaksanakan juli mendatang pada saat MOS, rencana ini telah kami sampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Palopo," ujarnya.

Kepada Dinas Pendidikan, Kota Palopo, Akram Riza, mengaku mendukung rencana Polres Palopo ini.

"Ini hal positif, tentu kami mendukung, sebelum pelaksanaannya memang harus dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan warga agar orang tua siswa memahaminya," ujar Akram.(one).

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment