Tanpa Dukung KTR, di Kelurahan Ini tak Boleh Menikah

Tanpa Dukung KTR, di Kelurahan Ini tak Boleh Menikah
Lurah Dangerakko, Sainal Sahid. 
PALOPO, KLIKNEWS.ID --- Bagi siapa yang ingin menikah, di Kelurahan Dangerakko, Kecamatan Wara, Kota Palopo harus menyatakan siap mendukung Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR).

Kelurahan mewajibkan calon pasangan suami istri (pasutri) untuk menjadi pelopor bebas asap rokok.

Inovasi unik ini dilakukan untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan bagi warganya, dengan mengajak calon suami-istri untuk menjadi pelopor bebas asap rokok di mulai dari dalam rumah.

Sesuai Peraturan Walikota (Perwal) nomor 8 tahun 2011 tentang kawasan bebas rokok, Dangerakko di bawah komando Lurah Sainal Sahid, memberlakukan aturan ini sejak April 2016.

Saat ini, sedikitnya, sudah ada empat pasangan suami-istri yang sudah dilibatkan dalam menyukseskan program yang bermuara pada kesehatan masyarakat ini.

Para staf kelurahan harus tanggap ketika ada warga Dangerakko yang akan melaksanakan pernikahan.

Setiap pasangan calon suami istri yang akan mengambil surat keterangan dari Lurah terkait rencananya untuk menikah, pihak kelurahan memanggil khusus pasangan tersebut untuk diajak berkomitmen mendukung inovasi bebas asa rokok mulai dari dalam rumah.

Ketika pasangan yang tadinya akan menikah sudah resmi menjadi pasangan yang sah. Maka, di dalam rumahnya diharamkan ada asbak rokok.

Bagi penghuni rumah atau tamu yang akan merokok tidak dibenarkan di dalam rumah. Namun sebaiknya di luar rumah saja atau di tempat khusus yang disediakan oleh pemilik rumah.

"Hitung-hitung inovasi yang kami buat, tujuannya untuk mengkampanyekan pola hidup sehat tanpa asap rokok. Sasarannya, yakni para calon suami istri yang kami ajak sukseskan inovasi ini," kata Sainal Sahid.

Dari inovasinya tersebut, beberapa dinas dari provinsi Sulawesi Selatan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan agar pola hidup sehat tetap berjalan di masyarakat di tingkat kelurahan.

Bahkan, Kelurahan Dangerakko berkesempatan mewakili Kota Palopo di tingkat provinsi dan nasional terkait kelurahan yang memiliki inovasi didaerahnya untuk kepentingan masyarakat.

"Kami juga berencana teken MoU dengan pihak KUA untuk lebih menyukseskan inovasi kami. Isi dalam MoU-nya, pasangan yang telah ucapkan ijab Kabul, rencananya akan mengumumkan keduanya siap menjadi pelopor bebas asap rokok di dalam rumah," jelas  mantan penyiar radio ini. (tri)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment