Pemda se Tana Luwu Sepakat Kembangkan Sagu

Pemda se Tana Luwu Sepakat Kembangkan Sagu
Para kepala daerah se Tana Luwu saat meneken komitmen pengembangan tanaman sagu di wilayah masing-masing. 
PALOPO, KLIKNEWS.ID --- Sebagai wujud komitmen statement dukungan terhadap pengembangan Sagu Techno Park di Tana Luwu, empat Kepala Daerah (Kada) di Luwu Raya menandatangi Momerandum of Understanding (MoU), Kamis 2 Juni 2016.

Penandatanganan ini dilakukan pada Seminar Nasional Sagu, di Auditorium Saokotae, Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Palopo.

Mereka yang langsung menekan MoU tersebut, adalah Bupati Luwu, H Andi Mudzakkar, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler, Bupati Luwu Utara yang diwakili oleh Kepala PSDA.

Seminar Nasional Sagu ini mengangkat tema, model pengelolaan potensi lokal daerah sagu dalam perspektif budaya lokal ketahanan pangan dan mitigasi bencana.

Seluruh kepala daerah memberikan sambutan terkait harapan dan komitmen mereka sebagai pemerintah terkait pengembangan komoditi sagu di wilayah masing-masing.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan kemarin. Pelestarian komoditi Sagu memang semestinya digalakan karena menurutnya selain sifatnya mempertahankan budaya, Sagu juga merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Tana Luwu serta memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Ini adalah sebuah keunggulan kita dari orang Luwu, pelestarian dan produksi Sagu sudah selayaknya kita lakukan dan pemerintah khususnya Kota Palopo akan membantu, Sagu boleh saya katakan adalah sebuah warisan leluhur kita Wija Luwu," ujar Wali Kota Palopo.

Ketua Panitia Pelaksana, Edy Maiseng, mengatakan, hasil seminar nasional ini nantinya akan dibawa ke Simposium Sagu Internasional Juli mendatang di Kota Makassar. Ini juga adalah rangkaian peringatan HUT Kota Palopo. (che)

Pemda se Tana Luwu  sepakat Kembangkan Sagu

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment