Kalau Palopo dan Luwu Baru WTP, Luwu Utara Sudah Keempat Kalinya

Kalau Palopo dan Luwu Baru WTP, Luwu Utara Sudah Keempat Kalinya
Bupati Luwu Utara foto bersama dengan Kepala BPKP Sulsel dan Ketua DPRD Luwu Utara. 

MAKASSAR, KLIKNEWS.ID --- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD TA 2015.

Ini berarti Lutra sudah keempat kalinya menerima Opini WTP dari BPK. Hal ini berbeda dengan dua daerah tetangganya, Luwu dan Kota Palopo, yang disebut-sebut baru pertama kali mendapat opini WTP tahun ini.

Bupati Luwu Utara Hj Indah Putri Indriani SIP. M.Si, bersama Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara H Mahfud Yunus MM, menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD TA 2015 Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Selatan, Jum'at 24 Juni 2016, di Ruang Auditorium LT 2 BPKP Sulsel, Kota Makassar.

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendapat giliran menerima Opini WTP dari Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi SulSel Andi Kangkung lolo Gau.

Kepala BPK RI Perwakilan Prov SulSel, Andi Kangkung Lolo Gau, dalam sambutan, memyampaikan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara TA 2015, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

"Ini berarti Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sudah 4 kali berturut-turut tiap tahunnya menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD TA 2015," ujarnya.

Dikatakannya, penyusunan laporan tidak akan ada hentinya. Jadi terkait penyusunan Laporan keuangan kepala Daerah menyiapkan beberapa hal yang pertama harus ada komitmen kepala daerah, pimpinan DPRD, dan kepala SKPD harus memiliki komitmen yang sama dalam menyiapakan Laporan Keuangan.

"Kedua, juga harus disiapkan kuantitas dan kualitas SDM yang mengerti Akuntansi. Ketiga, Kepala SKPD harus mempunyai pemikiran bahwa tanggung jawab atas laporan keuangan bukan hanya di DPKAD saja, tapi harus bertanggungjawab pada SKPD-nya masing-masing, sebagai pengguna anggaran," tandansya.
Kepala SKPD segera menindaklanjuti atas temuan-temuannya terhadap laporan hasil pemeriksaan laporan keuangannya.

"Opini WTP ini satu sisi sangat membanggakan, tapi di satu sisi tanggung jawab kita kedepan semakin besar. Harapan saya kedepan Pemda Luwu Utara bisa mendapatkan opini WTP tanpa ada catatan paragraf, karena opini ini merupakan tahun keempat untuk Kabupaten Luwu Utara mendapatkan opini WTP," ujar Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani, dalam sambutannya.

Ini menjadi tantangan baru buat dirinya sebagai Bupati yang baru saja dilantik beberapa bulan yang lalu, kedepannya dalam penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kab. Luwu Utara.

"Tak lupa ucapan terimakasih kami haturkan kepada seluruh jajaranya atas kerja kerasnya untuk menyiapkan LKPD TA 2015 sehingga bisa mempertahankan opini WTP," lanjut Indah. (hms-tri)

Kalau Palopo dan Luwu Baru WTP, Luwu Utara Sudah Keempat Kalinya

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment