Warga Luwu Timur Bakal Dapatkan Layanan Pengadilan Agama Malili.

PALOPO, KLIKNEWS.ID---Warga Luwu Timur tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Masamba Kabupaten Luwu Utara untuk mendapatkan pelayanan Pengadilan Agama. Pasalnya dalam waktu dekat  Pengadilan Agama Malili bakal segera dibentuk. Hal ini terungkap usai pihak Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar melakukan audiensi dengan Bupati Luwu Timur, HM.Thorig Husler di Kantor Bupati, beberapa waktu lalu.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler menyambut baik rencana pembentukan pengadilan Agama Malili di Kabupaten Luwu Timur. Bahkan pihaknya siap memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk merealisasikan pembentukan Pengadilan Agama ini.
"Kami akan koordinasikan dengan legislatif untuk penyediaan area lokasi bangunan kantor Pengadilan Agama Malili" kata Husler saat dihubungi, Kamis (26/05/2016).

Menurutnya selama ini sebagian warganya juga sudah banyak mengeluh karena harus ke Kabupaten Tetangga, Luwu Utara untuk mendapatkan pelayanan. " tentu dengan adanya rencana ini, maka akses masyarakat untuk menerima pelayanan hukum menjadi sederhana, cepat dan biayanya lebih ringan" katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar, Drs. H. Anwar Rahman M.H dalam lawatannya mengatakan  upaya pembentukan Pengadilan Agama Malili di Kabupaten Luwu Timur sudah dilakukan sejak tahun 2007 lalu. Ini juga sejalan dengan keinginan Mahkamah Agung untuk memisahkan pelayanan hukum terhadap masyarakat Kabupaten Luwu Timur yang saat ini masih berada di bawah naungan Pengadilan Agama Masamba.

Bahkan kata Anwar rencana tersebut telah tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 13 tahun 2016 tentang  pembentukan Pengadilan Agama Malili. "Harapan kami tahun depan sudah bisa melayani masyarakat Luwu Timur" ungkapnya.


Ia juga berharap agar pemerintah daerah Luwu Timur dapat membantu terutama terkait penyediaan lahan untuk lokasi pembangunan. (yd/hms).



Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment