Miris, Kondisi Sekolah di Luwu Ini Mirip Kandang

Miris, Kondisi Sekolah di Luwu Ini Mirip Kandang
Kondisi SD Pabbatang, Kecamatan Bua, Luwu. 
BUA, KLIKNEWS.ID --- Meski pemerintah menggelontorkan tak sedikit uang rakyat untuk dunia pendidikan, namun sampai kini masih saja ada gedung sekolah yang masih tampak tidak layak disebut sekolah.

Seperti SD yang ada di kampung Pabbatang, Desa Posi, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Para murid di SD tersebut belajar dalam serba keterbatasan.

Satu bangunan sekolah yang tidak luas, dihuni enam kelas. Meski serba terbaras, anak anak di kampung itu tampak semangat belajar.

Saat wartawan berkunjung ke lokasi sekolah, para murid ini tampak riang bermain. Mereka bermain dengan gembirannya di depan sekolah. Permainan mereka belum disentuh oleh gadget. Masih tradisional.

Tempat mereka belajar, mirip layaknya kandang ternak. Bangunannya terbuat dari papan yang sudah lapuk dan bocor. Belum lagi lantainya masih berlantai tanah dan tidak rata.

Dinding sekolah tertulis nama sekolah dengan goresan kapur putih. Sangat sederhana. Cahaya dan angin pegunungan leluasa masuk kedalam ruang tempat mereka belajar.

Sekolah tersebut punya enam kelas. Dari kelas satu hingga kelas enam hanya satu ruangan. Jumlah murid di SD tersebut sebanyak 21 orang.

Enam kelas dengan dua papan tulis, menjadikan mereka tetap belajar dalam keterbatasan sarana dan prasarana. Belum lagi sarana belajar seperti meja dan kursi sudah mulai rusak.

Para murid di sekolah ini berpakaian seragam seadanya, beralas kaki sandal jepit, bahkan ada yang tidak pakai alas kaki sama sekali.

Bukan cuma itu, jumlah gurupun sangat terbatas. Enam kelas hanya satu orang guru yang mengajar.

Salah seorang guru, Rosalina, menuturkan, siswa di SD ini, setiap harinya pergi dan pulang, ada murid harus menempuh sekolah dengan berjalan kaki sepanjang 5 kilometer.

"Kami sudah berulang kali mengajukan permohonan perbaikan sekolah ke pemerintah daerah Kabupaten Luwu, namun hingga saat ini hanya dijanji," ujarnya. (tri)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment