Kegiatan Penjangkauan Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar

Kegiatan Penjangkauan Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar
PALOPO, KLIKNEWS.ID---Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI adalah salah satu sumber layanan sosial kepada penyandang disabilitas tubuh, yang memberikan bimbingan, berupa bimbingan fisik, mental, sosial, dan pelatihan keterampilan agar penyandang disabilitas mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Didasari atas daya tampung panti yang terbatas yang mengakibatkan adanya sejumlah penyandang disabilitas tidak dapat mendapat layanan sosial di panti, maka Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar menganggap penting untuk melakukan kegiatan diluar panti, seperti kegiatan penjangkauan panti sosial Wirajaya Makassar di kota Palopo yang dilaksanakan Tanggal 23 s/d 26 Mei 2016 di Hotel Mulia Indah Kita Palopo.

Kepala Seksi Program dan Advokasi sosial Kementerian Sosial RI Yakub Abdullah dalam laporannya, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pelayanan panti sosial bina Daksa wirajaya Makassar, yang bertujuan untuk memenuhi hak dasar penyandang disabilitas; meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kompetensi peserta dalam meningkatkan kesejahteraan sosialnya; serta mengoptimalkan fungsi Panti sosial bina Daksa Wirajaya Makassar dalam memberikan pelayanan sosial kepada penyandang disabilitas tubuh.

Sementara itu, Wali Kota Palopo HM. Judas Amir dalam arahannya menyampaikan bahwa Undang-Undang telah mengatur bahwa penyandang disabilitas juga merupakan warga negara yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya, dan pengakuan tentang hak-hak penyandang disabilitas sesuai perangkat hukum yang ada perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Peran keluarga dan berbagai kalangan yang ada dimasyarakat serta kemitraan dengan petugas panti, memungkinkan penyandang disabilitas mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 (Empat) hari di Hotel Mulia Indah tersebut di ikuti 30 Peserta yang merupakan penyandang disabilitas tubuh yang potensial, dengan Pemateri yang berasal dari instansi terkait dan organisasi penyandang disabilitas, organisasi sosial dan para profesional. 

Pada penutupan kegiatan tersebut juga di berikan bantuan kepada para penerima manfaat pada kegiatan penjangkauan panti bina Daksa Wirajaya Makassar di kota Palopo, berupa alat jual-jualan; perbengkelan; penjahitan; pertukangan; usaha kue; budidaya unggas dan cocok tanam merica. (hms)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment