HMI Palopo Kecam Pernyataan Saut Sitomorang

HMI Palopo Kecam Pernyataan Saut Sitomorang
Ketua HMI Cabang Palopo, Zulkifli Baso Amir. 
PALOPO, KLIKNEWS.ID - Memberikan pernyataan yang menggeneralisir organisasi besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Saut Situmorang (SS), salah satu Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mendapat kecaman dari kader HMI se Indonesia.

Dengan menyebutkan ”lulusan LK 1 HMI koruptor,” menuai reaksi dan kecamatan yang luar biasa.

Pernyataan kontroversial dari Saut inipun mendapat tanggapan keras Ketua Umum HMI cabang Palopo, Zulkifli Baso Amir, Minggu (8/5/2016).

Zulkifli, menyampaikan kritiknya dan kecamannya terhadap Saut yang dinilai melecehkan nama baik HMI. Menurutnya harusnya Saut tidak melakukan generalisasi terhadap lembaga HMI.

“Sangat disayangkan orang seperti Saut Situmorang bisa lolos sebagai Komisioner KPK, pernyataan mendeskreditkan lembaga HMI ini akan kami tindaklanjuti, ini pelecehan namanya. HMI sejak berdirinya telah banyak mencetak tokoh-tokoh besar. Oleh karenanya, kami mengecam dengan keras, karena pernyataan SS telah membawa efek negatif bagi HMI se-Indonesia,” ujar Zulkifli.

Wakil Ketua KPK yang memberikan pernyataan ”menelanjangi HMI.” Saut menyebutkan lulusan LK 1 HMI koruptor. Ini melanggar Pasal 156 dan 157 KUHP dan pasal 310 KUHP.

Lanjut dijelaskannya lagi bahwa menanggapi pernyataan SS, HMI cabang Palopo akan melakukan aksi demonstrasi dan mendesak instansi terkait seperti Polda dan Polresta untuk memberi efek jera kepada Saut agar tidak lagi melecehkan organisasi HMI.

“Ini peristiwa yang paling buruk dalam sejarah kita, begitu merendahkan reputasi HMI. Nah, HMI Cabang Palopo akan melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut SS mengundurkan diri dari jabatannya,” tegas Zulkifli

Tidak hanya itu, Zukkifli bahkan menyampaikan kalau pihaknya akan melakukan konsolidasi bersama pengurus Korps HMI (KAHMI) Palopo dan Luwu Raya dalam rangka mempressure Saut agar kembali ke jalan yang benar.

“Nah, kita akan melakukan konsolidasi dan aksi, Senin (9/5/2016), besok menyampaikan poin-poin tuntutan dan somasi yang ditujukan kepada SS,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Saut Situmorang dalam sebuah acara Talk Show bertajuk Benang Merah; Harga Sebuah Perkara di TV One, Kamis 05/5/2016) malam, memberikan pernyataan yang menelanjangi HMI. Saut menyebutkan lulusan LK 1 HMI koruptor. (Bayu)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment