Bupati Resmikan Gedung Kantor Desa Tarengge Timur

Bupati Resmikan Gedung Kantor Desa Tarengge Timur
TARENGGE, LUWU TIMUR, KLIKNEWS.ID---Gedung Kantor Kepala Desa Tarengge Timur Kecamatan Wotu mulai beroperasi. Peresmian gedung kantor tersebut dirangkaikan dengan acara syukuran hari jadi ke 4 Desa Tarengge Timur. Acara ini dipadati ratusan warga yang berlangsung dihalaman Kantor Desa Tarengge Timur. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, Kamis (19/05/2016).

Kades Tarengge Timur, Desius Rantetana mengatakan pembangunan kantor desa ini menelan biaya Rp. 514 juta lebih yang bersumber dari ADD dan sumber lainnya. Desius juga bersyukur, pasalnya setelah pisah dari desa induk, beberapa proyek fisik seperti jalan, jides, jembatan, pagar dan bangunan fisik lainnya telah banyak tersebar di desanya.

Desius juga sempat meneteskan air mata saat mengenang salah satu tokoh pemekaran desa yang telah meninggal dunia. "Berkat perjuangan para tokoh pemekaran desa ini, sudah banyak perubahan yang baik dan berhasil kami lakukan di desa ini" katanya.

Lanjutnya, untuk lebih mendorong potensi ekonomi sektor UMKM, pihaknya telah mengirim 8 orang pemuda desa untuk berguru kerajinan kayu. Dari 8 orang tersebut telah dibentuk kelompok usaha bersama berbagai kerajinan kayu yang saat ini mulai dipasarkan.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan kerja keras antar seluruh warga dan pemerintah desa secara bergotong royong telah berhasil membangun gedung kantor yang bagus dan representatif. Namun ia mengingatkan agar gedung kantor yang baik ini, harus juga sejalan dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
 
Dalam kesempatan itu pula, Husler kembali mensosialisasikan beberapa program prioritas daerah diantaranya program pendidikan gratis hingga perguruan tinggi, jaminan kesehatan masyarakat melalui BPJS Lokal hingga perbaikan infrastruktur dan investasi."ibaratnya jangan hanya casingnya yang bagus tapi pelayanan didalamnya juga harus lebih baik" kata Husler.

Husler mengatakan sesuai program pemerintah Luwu Timur membangun desa menata kota serta Nawacita Presiden RI, membangun daerah dari pinggiran memang mengamanatkan bahwa fokus pembangunan saat ini diwilayah pedesaan. Apalagi kewenangan desa semakin luas dengan disiapkannya pula anggaran dana desa dari pemerintah pusat."Jaga dan manfaatkan dengan baik seluruh fasilitas desa ini. 

Manfaatkan dengan baik untuk melayani masyarakat" tambahnya.
Untuk membantu petani mengelola sawahnya, di acara peresmian desa itu pula, Husler juga menyerahkan 1 unit hand traktor kepada ketua kelompok tani buapala, Jabir Nuntung. Kelompok tani ini beranggotakan 23 orang. (hr/hms).

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment