Kesbangpol & Linmas Palopo Gelar Sosialisasi UU Ormas

Kesbangpol linmas Palopo Gelar Sosialisasi UU Tentang Organisasi Masyarakat
Sekda Palopo saat membuka acara. 
PALOPO,KLIKNEWS.ID - Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat ( Kesbangpol & Linmas) Kota Palopo menggelar Sosialisasi UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat. Sosialisasi yang dibuka Sekretaria Daerah Kota Palopo yang mewakili Wali Kota tersebut di laksanakan di Hotel Mulia Hall Kota Palopo, Selasa 26/4/16.

Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo Suriani Suli menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman serta wawasan kepada masyarakat mengenai tata cara dan ketentuan-ketentuan mengenai organisasi masyarakat yang ada dalam UU  Nomor 17 tahun 2013. "Juga menciptakan hubungan baik antara pemerintah dan ormas, terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, dengan harapan semua elemen masyarakat bisa memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Kota Palopo," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kota Palopo, HM. Kasim Alwi, dalam sambutannya menyampaikan falsafah dan nafas sebuah organisasi tidak boleh lepas dari Pancasila dan UUD 1945. "pendirian organisasi harus melalui syarat-syarat dan prosedur yang sesuai aturan yang berlaku. sehingga kita dapat mengetahui dan memahami jenis, klasifikasi dan kategorisasi organisasi tersebut, serta apa tujuan dari pembentukan organisasi tersebut." Tegasnya.

Pada kesempatan itu juga HM. Kasim Alwi mengharapkan Camat dan Lurah sebagai Garda terdepan, yang mengetahui kondisi dan keadaan di wilayahnya untuk memaknai relevansi dari eksistensi sebuah organisasi masyarakat dengan Pemerintah. "kita harus maknai, apa eksistensi dari organisasi dan bagaimana relevansi terhadap tugas kita dalam dalam esensi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, pemberdayaan, dan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.
Ormas, lanjut Sekda merupakan mitra Pemerintah dalam membangun  dan memberdayakan masyarakat. "Kita harus membangun sinergitas yang baik dalam rangka mewujudkan program strategis yang dicanangkan Pemerintah Kota Palopo, terlebih dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat." ujarnya.

Sosialisasi yang menghadirkan Nara sumber Drs. Hardi Sunusi, dari Badan Kesbangpol & Linmas Propinsi Sulawesi Selatan tersebut diikuti peserta dari SKPD, Camat dan Lurah serta Pengurus organisasi lingkup Pemkot Palopo.(Humas Pemkot)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment