Ikan dan Sejumlah Komoditi Melonjak Drastis di Palopo, Cek Harganya Disini

Sejumlah Komoditi Melonjak di Palopo, Cek Harganya Disini
Ilustrasi - 
PALOPO, KLIKNEWS.ID --- Sejumlah komoditi pertanian di pasar tradisional di Kota Palopo melonjak drastis. Akibatnya, para pedagang mengeluh karena pembeli mulai lesuh.

Bukan hanya harga komoditi yang melonjak, tapi harga ikan juga mengalami kenaikan drastis. Seperti yang terpantau di Pasar Andi Tadda Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mengalami lonjakan hingga 100 persen, Selasa siang tadi, 26 April 2016.

Diantara komoditi yang melonjak adalah bawang putih. Harga bawang putih misalnya, naik dari Rp25 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp30 ribu per kg, bawang merah naik dari Rp25 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg.

Begitu juga dengan harga tomat, naik dari Rp8 ribu per kg menjadi Rp14 ribu per kg, cabe rawit naik dari Rp15 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg.

"Ini mungkin akibat dari cuaca buruk. Sehingga seluruh komoditi melonjak drastis," ujar Jumida, salah seorang pedagang di Pasar Andi Tadda.

Selain komoditi, harga ikan juga naik drastis. Ini akibat kurangnya tangkapan nelayan yang diakibatkan cuaca buruk di perairan teluk Bone, Kota Palopo. Harga jenis ikan bandeng perkilogram ukuran besar naik  dari  Rp10 ribu menjadi Rp14 ribu.

"Untuk ukuran kecil naik dari Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu. Ikan cakalang naik Rp18 ribu menjadi Rp25 ribu," Yusuf, salah seorang pedagang ikan. (amr)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment