Waktu Tunggu Haji Sidrap Hingga 39 Tahun

Agus Arifin Nu'mang. 
SIDRAP, KLIKNEWS.ID -- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ir. H. Agus Arifin Nu'mang mengatakan, waktu tunggu jamaah haji Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Prov Sulsel mencapai 39 tahun.

"Ini mungkin waktu tunggu terlama, mengingat rata-rata waktu tunggu Haji Sulsel sekitar 29 tahun," kata Agus yang ditemui usai melantik pengurus daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sidrap, di Sidrap, Jumat (5 Februari 2016).

Agus menjelaskan, berdasarkan data yang diterima seminggu yang lalu, di kabupaten ini terdapat 7807 calon jamaah haji, sementara kuota haji hanya untuk 201 orang per tahun. "Kalau dibagi angkanya jadi 38,8 tahun, kita bulatkan 39 tahun," tambahnya.

Ini berarti, jika mendaftar haji sekarang, masyarakat Sidrap baru bisa berangkat pada tahun 2055 mendatang.

Karenanya, Agus menghimbau para anggota IPHI tidak lagi menggunakan kuota haji pemerintah jika ingin menunaikan ibadah ini. "Kalau memang berlebih, bisa menggunakan kuota ONH plus," ujar Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga memaparkan bahwa pihak Pemprov Sulsel telah membangun jalan tembus dari Asrama Haji Sudiang ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk mempermudah transportasi para calon jamaah haji.

"Kita harapkan jalan tersebut bisa diselesaikan sebelum musim haji tahun ini," katanya. (humas Sulsel)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment