Luwu Antisipasi Bahaya Zika

ilustrasi. 
BELOPA, KLIKNEWS.ID --- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu saat ini mulai melakukan antisipasi bahaya penyakit Zika. Kepala Dinas Kesehatan, dr Suharkimin Sumar, mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan.

Antisipasi ini menyusul meningkatnya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Luwu dan penetapan DBD sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kota Palopo.

Dr Suharkimin, mengatakan, dirinya telah mengumpulkan kepala puskesmas se Luwu, untuk membahas virus zika. "Kami antisipasi sejak dini virus zika, jangan sampai kami kecolongan" ujar Suharkimin, Kamis (4/2), kemarin.

Selain kepada para kepala puskesmas, pihaknya juga melalui Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), untuk mengantisipasi virus zika dengan rutin melakukan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

"Saat ini, belum ada virus zika di Kabupaten Luwu, namun kami tetap melakukan antisipasi dini jangan sampai kami kecolongan," tambah Suharkimin.

Menurutnya penyakit zika, sebagian ciri-cirinya tidak jauh berbeda dengan penyakit lainnya seperti DBD, karena penyebarannya juga melalui viruz.

"Salah satu cara mengantisipasi virus zika, ialah menjaga kesehatan lingkungan sekitar," katanya. Data Dinas Kesehatan Luwu menunjukan jumlah penderita positif DBD di Luwu pada bulan Januari, sebanyak 19 orang dan suspek 20 orang.(che)

Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment